Saran Bagi Pramusaji Untuk Pelayanan Yang Baik



1.      Jangan berdiri berkelompok lebih dari dua orang, berdirilah pada  daerah anda.
2.      Sapalah tamu anda; pandang matanya, sapa mereka dengan penuh hormat, dan senyum
3.      Hindari bercakap – cakap dengan karyawan yang lain, khususnya di tengah – tengah kehadiran para tamu.
4.      Jangan berteriak dalam menyampaikan pesanan.
5.      Jangan berargumen dengan siapapun, terutama dengan seorang tamu.
6.      Jangan menyapu wajah anda dengan menggunakan handuk meja, dan jangan membawa handuk meja di bawah lengan atau di atas bahu anda.
7.      Berikan handuk yang bersih setiap saat.
8.      Jangan membersihkan peraqlkatan makanan atau barang pecah belah dengan menggunakan handuk
di depan para tamu. Gunakanlah handuk yang bersih untuk mengelap peralat5an makan dan barang pecah belah sebelum restoran di buka atau pada saat para tamu tidak melihat.
9.      Jangan bersandar pada bangku atau meletakkan kaki anda di atas dudukan kursi. Berdirilah tegak atau bungkukkan pinggang anda agar dapat mendengar lebih jelas. Jangan duduk di lantai atau berlutut.
10.  Bila tamu menumpahkan sesuatuatau anda menumpahkan sesuatu pada tamu, segeralah minta maaf , bersihkan dan beritahukanlah pada pimpinan anda.
11.  Bila pelanggan menjatuhkan sapu tangan atau peralatan makan, maka gantikanlah dengan yanhg baru.
12.  Bicaralah seperlunya dengan sopan (lingkungan resmi)
13.  Jangan merokok di lingkungan bebas rokok dan pada waktu menyajikan makanan atau di hadapan para tamu.
14.  Jangan berteriak di dalam dapur.
15.  Jangan pernah menggunakan kata – kata kotor.
16.  Sampaikanlah ungkapan tidak puas para tamu pada pimpinan anda atau selesaikanlah sendiri bila masih termasuk di dalam petunjuk kewenangan.
17.  Katakana “terima kasih” bila mendapatkan uang tip, jangan melihat besaran jumlahnya.
18.  Jangan menghitung uang atauy menggeremincingkan uang receh dalam kantog.
19.  Jangan pernah makan selama pelayanan berlangsung atau di dalam dapur.
20.  Jangan membuat tamu tergesa _ gesa.
21.  Jasngan membawa pensil. Buku atau sebagainya, di mana mudah terlihat (contoh: di saku, rambut, di belakang telinga).
22.  Bawalah menu makakan dengan tangan tidak di bawah lengan atau di dalam baju,. Kemeja , apron,, jakety atau di dalam celana atau rok anda.
23.  Jangan bersandar pada tembok atasu penyangga, jangan meletakkan apapun di atas meja pelanggan. Jangan melakukan aktifitas di atas meja tamu, seperti menumpuk piring kotor, menulis pesanan tamu.
24.  Janganb memasukkan tangan anda ke dalam saku atau pada pinggang.
25.  Jangan melipat tangan di depan dada.
26.  Jangan nmelipat tangan di belakang atau memegang tangan di depan atau di belakang anda.
27.  Jangan menambahkan jumlah tip pada cek di hadapan para tamu.
28.  Jangan menyampaikan ketidak puasan akan makanan kepada personel di dapur, bicarakanlah dengan pimpinan anda.
29.  Jangan menunjuk dalam ruang makan atau menggunakan tanda – tanda khusus di meja.
30.  Usahakanlah selalu sopan.
31.  Berjalanlah cepat tapi janan berlari.
32.  Jangan berjalan tergesa – gesa saat menuntun tamu ke mejanya.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar